Kuliner Nasi Lemak

35 Daftar Makanan Khas Malaysia yang Unik dan Patut DiCoba

Makanan Khas Malaysia – Bagi anda yang ingin mencoba berwisata untuk pertama kali ke luar negeri, anda bisa mencoba Wisata Malaysia. Berkunjung ke Malaysia, anda tidak hanya akan menikmati berbagai objek wisata menarik tapi juga berkesempatan untuk mencicipi kulinernya.

Berencana untuk liburan ke Malaysia ? Supaya tidak repot bisa mencoba paket wisata dari kami di bawah ini :

Negara Malaysia memiliki banyak imigran yang berasal dari India, Pakistan, Arab, China, dan Thailand. Hal tersebut menyebabkan makanan di Malaysia didominasi oleh makanan India, China, dan Malay.

Kesamaan rumpun antara Malaysia dan Indonesia menyebabkan jenis kulinernya tidak terlalu berbeda dengan makanan khas Nusantara. Terdapat beberapa makanan yang mirip dengan kuliner kita hanya berbeda nama saja. Penasaran seperti apa makanan Khas Malaysia ini ?

Berikut List Makanan Khas Malaysia yang sayang untuk anda lewatkan :

 

  1. Kuliner Nasi Lemak

Makanan Khas Malaysia

Makanan khas Malaysia yang berada di urutan pertama adalah nasi Lemak. Hal ini karena kuliner ini merupakan makanan khas Malaysia yang sudah sangat melekat dengan citra Malaysia. Ketika anda naik pesawat AirAsia misalnya, menu favoritnya adalah nasi Lemak. Ini karena AirAsia adalah maskapai yang berasal dari Negara Malaysia.

Populernya nasi lemak ini di kalangan wisatawan mancanegara membuatnya sempat dibukukan dalam karya Sir Richard Olaf Wlnstedt dalam bukunya yang berjudul The Circumstances of Malay.

Kata Lemak dari nasi Lemak merujuk pada rasa yang gurih karena nasi ini mengandung lemak nabati dan santan kelapa yang membuat rasanya menjadi nikmat. Kuliner khas ini meliputi kawasan Sumatra Utara khususnya Aceh, sehingga anda pun akan menemukan kuliner ini di daerah tersebut. Bukan hanya itu, Singapore dan Brunei juga sering menghidangkan kuliner ini walaupun dengan cita rasa yang berbeda.

Untuk pembuatan nasi lemak ini sendiri dibuat menggunakan santan dan ditambahkan daun pandan saat ditanak. Hal ini menghasilkan nasi yang berlemak dan beraroma gurih. Dalam penghidangannya, nasi lemak biasanya disajikan dengan lauk tahu tempe, telur, ikan teri. Dan kadangkala dikreasikan dengan menambahkan cumi, udang, petai kacang panjang, ayam, atau ikan bilis.

  1. Kuliner Umai

Kuliner Umai

Bagi anda pecinta kuliner khas Korea dan Jepang, Malaysia punya makanan khas ini loh. Makanan khas Malaysia yang satu ini dinamakan Umai. Umai ini adalah kuliner yang berasal dari ikan mentah.

Walaupun berasal dari ikan mentah, tapi tidak semua ikan bisa dijadikan bahan utama hidangan ini. Hanya ikan segar yang digunakan. Biasanya ikan yang sering dipakai adalah ikan Parang, bawal putih, bawah hitam, ikan terubuk,dan juga udang.

Pada saat membuat hidangan ini, proses awal yang dilakukan adalah menghilangkan bau amis karena hidangannya berupa ikan mentah. Hal yang dilakukan adalah ikan direndam dengan jus limau kasutri.

Pada tahap selanjutnya setelah direndam, makan ikan ditaburi bumbu rempah rempah yakni gabungan dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan tak lupa bumbu penyedap rasa.  Setelah itu kuliner Umai siap dihidangkan dengan sambal tamahan jika masih kurang pedas.

  1. Kuliner Nasi Kerabu

Kuliner Nasi Kerabu

Kuliner yang satu unik merupakan salah satu kuliner yang cukup unik dibanding dengan kuliner nasi pada umumnya. Ini dikarenakan nasinya sendiri berwarna kebiru biruan. Kata Kerabu sendiri berarti campuran dedaunan mentah.

Kuliner ini sebeneranya berasal tepatnya dari Pantai Timur Malaysia yakni Kelantan. Kenapa nasi ini bisa berwarna kebiruan? Ini berasal dari ekstrak kelopak kembang talang yang dicampurkan saat memasak nasinya.

Selain warnanya yang unik, nasi ini juga menghasilkan aroma yang sangat sedap. Ini berasal dari tumbukan dan irisan halus dari berbagai bumbu rempah rempah seperti kunit, kencur, dan kecombrang.

Untuk menghidangkan nasi kerabu ini bisa bersama lauk seperti ayam percik, ayam goreng, dan tak lupa kerupuk.

  1. Kuliner Mee Kolok

Kuliner Mee Kolok

Kuliner yang satu ini mirip dengan mie ayamnya Indonesia. Mie ini lebih kenyal dibandingkan dengan mie pada umumnya. Mie ini punya 2 variasi dalam penyajiannya yakni mie polos dan mie dengan bumbu saus merah.

Saking populernya di Malaysia, Mee Kolok ini bisa dijumpai dengan mudah baik siang atau malam hari. Mie ini tidak basah kuyup dengan kuah dan kecap hitam. Anda bisa menambahkan variasi bawang merah sebagai toppingnya.

Bagaimana? Penasaran untuk mencoba rasa Mie Ayam ala Malaysia ini?

  1. Kuliner Nasi Daun Pisang

Kuliner Nasi Daun Pisang

Makanan khas Malaysia selanjutnya adalah nasi daun pisang. Dari namanya sendiri kita sudah bisa menebak bahwa makanan ini tentunya dihidangkan di atas daun pisang. Di Indonesia sendiri, anda bisa menemukan makanan serupa di daerah Yogyakarta yang biasanya dikenal dengan nasi kucing. Perbedaannya, nasi daun pisang ini menggunakan alas pisang yang lebih besar atau lebar.

Nasi Daun Pisang ini sebenarnya asal mulanya berasal dari daerah daerah di India Selatan seperti Tamil, Kerala, Karnataka, dan juga Andra Pradesh. Kemudian dibawa ke Malaysia melalui pedagang pedang India yang sedang merantau di negeri Jiran ini. Karena sering dihidangkan di Malaysia, maka makanan ini menjadi kuliner khas Malaysia.

Proses penyajiannya sendiri adalah pertama daun pisang direntangkan terlebih dahulu. Kemudian nasi dan berbagai jenis sayuran. Setalah itu, dibaluri dengan bumbu kari untuk menambah cita rasa. Bumbu kari inilah yang merupakan ciri khas masakan India.

Setelah lauk dan nasinya meyatu dengan merata bersama karinya, maka nasi daun pisang siap dihidangkan.

  1. Kuliner Char Kway Teo

Kuliner Char Kway Teo

Kuliner yang satu ini terbuat dari kwitiau yang tidak jauh berbeda dengan kwitiau yang di Indonesia. Kuliner ini pun bisa ditemukan di Singapore. Untuk pembuatannya sendiri, kwitiau digoreng dengan bahan campuran seperti kerang, telur, udang, sosis, bakso ikan, daun kucai, dan juga tauge. Bahkan di beberapa daerah tertentu di Malaysia, anda akan menemukan Char Kway Teow dihidangkan dengan kepiting.

Untuk bumbu bumbunya sendiri terdiri dari bawang putih, kecap ikan, kecap manis, dan juga sambal. Memang tidak jauh berbeda dengan bumbu bumbu yang digunakan di Indonesia. Walaupun makanan khas Malaysia ini enak, tapi anda harus tetap kontrol ya karena makanannya mengandung lemak yang tinggi.

  1. Kuliner Nasi Kendar

Kuliner Nasi Kendar

Kuniler yang satu ini merupkan kuliner yang terkenal setelah nasi Lemak. Karena kepopulerannya, sudah banyak restorant restorant Malaysia yang menjadikan Nasi Kendar sebagai menu utamanya.

Nasi Kendar ini berasal dari Penang, walaupun sebenarnya makanan ini dipopulerkan oleh pedagang asal Tamil, India. Pada umumnya nasi kendar ini sama dengan nasi lemak dan nasi Kerabi. Hal yang membedakkannya terletak pada penambahan saus karinya. Saus Kari inilah yang menambahkan cita rasa yang membuatnya khas.

Untuk penyajiannya sendiri, nasi lemak ditempatkan pada wadah dengan tinggi 3 kaki. Namun, untuk penyajian tradisionalnya sendiri disajikan di satu mangkuk khusus.

Nasi Kendar ini dihidangkan bersama dengan ayam goreng, daging sapi, domba, udang, limpa daging, atau atau cumi goreng. Dan juga sebagai tambahan sayurannya terdiri dari labu pahit dan terong. Ini dimaksudkan sebagai penetralisir baunya. Karena nantinya nasi ini akan ditambahkan dengan bumbu kari di atasnya.

  1. Kuliner Palak Paneer

Kuliner Palak Paneer

Kuliner ini menjadi hidangan popular di restaurant restaurant India di Malaysia karena memang hidangannya berasal dari India. Palak Paneer sendiri adalah kuah kari yang berwarna hijau. Warna hijaunya ini berasal dari campuran sayur bayam segar. Kemudian campuran lainnya yang menambah cita rasanya adalah Keju kambing.

Nah, untuk penyajiannya sendiri Palak Paneer biasanya dihidangkan bersama roti khas India seperti Chapati dan Bhaturas. Dan rasanya? Dijamin anda akan ketagihan. Bagaimana? Anda tidak perlu jauh jauh ke India untuk mencicipi kuliner ini.

  1. Kuliner Asam Laksa Penang

Kuliner Asam Laksa Penang

Sesuai namanya Laksa ini berasal dari daerah Penang. Tidak mau kalah dengan kuliner Laksa Singapore, Malaysia juga punya kuliner ini loh.

Asam Laksa Penang terbuat dari bihun atau mie yang kemudian ditambahkan kuah kental asam pedas. Setelah itu kita bisa menambahkan selada, nanas, timun, ikan mackerel segar, dan cabai sebagai toppingnya.

Nah konon kabarnya, Asam Laksa Penang ini merupakan perpaduan kuliner khas Melayu dan China. Yang khas dari kuliner ini adalah rasa pedasnya yang bikin lezat. Bagi anda pecinta makanan pedas, kuliner ini pasti akan membuat anda ketagihan.

  1. Kuliner Karipap

Kuliner Karipap

Karipap merupakan makanan khas Malaysia yang bisa dijadikan sebagai makanan ringan. Kuliner ini mirip dengan Pastel jika di Indonesia. Perbedaannya, jika Pastel di Indonesia berisi bihun, irisan wortel, telur, dan lainnya, Karipap ini berisi daging dan kentang, Serta ukurannya juga lebih besar ketimbang pastel di Indonesia. Jadi lebih mengenyangkan.

Karipap ini memiliki varian yang berbeda beda. Ini tergantung dari isi daging di dalamnya.  Biasanya ada pilihan daging sapi, ikan, ayam, dan sarden. Tak lupa juga tambahan lada hitam yang memberikan cita rasa pedas khas kuliner Malaysia.

  1. Kuliner Ayam Percik

Kuliner Ayam Percik

Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas Malaysia yang berbahan dasar ayam. Ada dua macam jenis ayam percik yang dibedakan menurut daerahnya yakni ayam percik Terengganu dan ayam percik Kelantan.

Perbedaan dari 2 ayam percik ini adalah, jika ayam percik terengganu tidak hanya terbuat dari campuran bumbu, saus, dan aneka rempah lainnya tapi juga ditambahi dengan bumbu cabai yang membuatnya sangat pedas.

Ayam percik Kelantan tidak diberikan bumbu cabai sebagai tambahan, sehingga rasanya tidak terlalu pedas. Anda sendiri lebih suka yang mana?

Untuk proses pembuatan ayam percik ini, ayam direndam dalam bumbu kemudian dipanggang hingga sedikit hangus. Setelah itu, akan diberikan bumbu tambahan lagi dengan cara dipercik. Inilah asal usul kenapa ayam ini disebut ayam percik.

Saat sudah selesai dipanggang, ayam dihidangkan dengan dilumuri dengan saus terlebih dahulu. Ini membuat ayam percik punya cita rasa yang lezat luar dan dalamnya.

  1. Kuliner Ayam Pongteh

Kuliner Ayam Pongteh

Kuliner ayam yang satu ini berbeda dengan kuliner ayam percik di atas. Makanan ini bisa ditemukan di Singapore dan Malaysia. Umumnya, daging yang digunkan untuk kuliner ini menggunakan makanan non halal. Namun, untuk di Malaysia sendiri menggunakan ayam sebagai dagingnya.

Proses pembuatan kuliner ini adalah dengan menggunakan  kuah yang dicampuri dengan tauco pada proses memasaknya. Sehingga warna kuahnya berwarna cokelat kemerahan. Ayam Pongteh ini mirip dengan semur Ayam. Biasanya dihidangkan bersama dengan jamur shitake dan potongan kentang. Tapi juga enak dimakan bersama nasi putih.

  1. Kuliner Cekodok

Kuliner Cekodok

Makanan khas Malaysia yang satu ini berbentuk kue atau jajanan gorengannya Malaysia. Yang membedakan gorengan Malaysia dan Indonesia adalah terdapat pada bahan gorengannya. Jika biasanya di Indonesia bahan gorengannya terbuat dari bahan bahan yang tidak bergizi, gorengan Malaysia ini terbuat dari bahan dengan kandungan gizi yang tinggi seperti udang, ikan, labu, pisang, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis Cekodok ini mempunyai rasa dan tekstur yang berbeda beda. Proses pembuatannya sendiri sama yakni dengan menggunakan bahan yang digiling sendiri. Setelah itu adonannya dibuat menggunakan baking powder sebagai pengembang. Bentuk dari kue ini sendiri bulat bulat tidak sempurna dan mempunyai warna cokelat kehitaman. Hal ini disebabkan karena penambahan gulanya yang membuat rasanya manis.

  1. Kuliner Bubur Century (Bitan)

Kuliner Bubur Century (Bitan)

Ingin mencoba kuliner yang sedikit terlihat berbeda? Cobalah bubur century. Sekilas bubur ini sama dengan bubur ayam atau bubur yang dijajakan oleh pedagang di Indonesia.

Hal yang membedakan bubur century dengan jenis bubur di Indonesia adalah toppingnya yang ditambahkan dengan telur bitan berwarna hitam. Walaupun terlihat menjijikkan namun telur ini punya kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Telur ini mirip dengan telur asin, namun melewati proses pengawetan yang bisa mencaba mingguan bahkan bulanan.

  1. Kuliner Pasembur

Kuliner Pasembur

Malaysia tidak hanya memiliki kuliner berupa makanan makanan berat, tapi juga punya kuliner semacam salad. Dari namanya sendiri, kita bisa menebak bahwa makanan ini tidak sepenuhnya kuliner yang berasal dari Malaysia. Namun, Pasembur sendiri merupakan kuliner perpaduan antara Malay dan India.

Untuk proses pembuatannya sendiri terdiri dari bahan bahan yang digemari oleh masyrakat Malaysia yakni parutan mentimun, kentang, dan juga tambahan daging seafood seperti cumi, kepiting goreng, dan juga makanan seafood lainnya. Dan untuk citarasa Indianya sendiri terletak pada saus kacangnya yang manis.

  1. Kuliner Es Air Mata Kucing

Kuliner Es Air Mata Kucing

Mendengar kuliner ini pasti anda akan membayangkan kuliner yang ekstrem. Tapi, jangan salah es air mata kucing ini adalah kuliner yang sangat enak. Bahkan karena Kesegaran dan rasa manisnya, kuliner ini masuk dalam daftar kuliner 10 minuman terenak di dunia pada tahun 2011 versi CNN.

Penyebutan Es air mata kucing ini disebabkan oleh isi dari minuman ini terbuat dari buah Kelengkeng. Di Malaysia, buah ini lebih dikenal sebagai buah mata Kucing. Inilah penyebabnya minuman ini dinamai seperti itu. Terdapat manfaat kesehatan yang bisa kita temui dari minuman ini yakni sebagai obat penurun panas dalam.

Jika ke Malaysia, jangan melewatkan kuliner yang satu ini daripada anda dibuat penasaran olehnya.

  1. Kuliner Teh Tarik

Kuliner Teh Tarik

Kuliner Teh Tarik sebenarnya bisa kita jumpai juga di Indonesia. Namun citarasa teh ini akan berbeda tergantung dari proses “Tarik-menarik”tehnya. Semakin ahli peraciknya, maka teh yang dihasilkan juga akan semakin lezat.

Saat berwisata di Malaysia, jangan lupa membandingkan rasa teh Tarik Malaysia dengan kepunyaan Indonesia. Apakah rasanya berbeda?

  1. Kuliner Manok Pansoh

Kuliner Manok Pansoh

Kuilner selanjutnya yang proses pembuatannya tergolong unik adalah Manok Pansoh. Kuliner ini sama dengan ayam bamboonya Menado. Makanan ini berasal dari Serawak dan biasanya disajikan untuk kaum Ibam di Serawak sebagai hidangan tradisional.

Proses pembuatannya sendiri adalah pertama tama bamboo dibersihkan kemudian dilapisi daun pisang. Setelah itu barulah dimasukkan daging ayam beserta bumbu bumbunya. Untuk menahan agar uapnya tidak keluar, maka permukaan bamboo dilapisi dengan daun ubi. Prosesnya sama jika anda ingin mengganti daging ayam dengan ikan.

  1. Kuliner Kek Lapis Serawak

Kuliner Kek Lapis Serawak

Jika di Indonesia anda bisa mendapati kue lapis yang bisa didapatkan di toko toko kue ataupun pasar tradisional, anda pun bisa menemukan kue lapis ini di Malaysia. Namanya Kek Lapis Serawak dan sesuai namanya kue lapis ini berasal dari Serawak.

Untuk proses pembuatan kue ini tidak sembarang dibuat karena untuk menghasilkan warna kue lapis yang sempurna, anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa. Nah, setelah jadi kue lapis ini memiliki tampilan yang sangat menarik dengan warna warnanya. Tidak hanya itu, rasanya juga lezat.

Kek Lapis Serawak ini biasanya dihidangkan di acara acara seperti Acara Idul Fitri, Natal, Deepvali. Tidak hanya itu kue ini dijadikan sebagai kue ulang tahun dan juga disajikan di pesta pesta pernikahan.

  1. Kuliner Chee Cheong Fun

Kuliner Chee Cheong Fun

Kuliner ini dalam Bahasa Inggris bernama Rice Noodle Roll yang berarti gulungan nasi mie atau lebih terkenalnya disebut nasi kukus. Dari namanya sendiri kita sudah bisa menebak bahwa kuliner yang satu ini berasal dari makanan Tionghoa.

Untuk jenis mie yang digunakan dalam pembuatan Chee Cheong Fun ini menggunakan mie beras. Setelah itu mie diisi dengan daging sapi, udang, sayuran, serta bahan bahan lainnya.

Di Malaysia sendiri, makanan ini terkenal dengan nama mie usus Babi. Tapi, bagi anda yang Muslim jangan salah paham dulu. Walaupun dinamakan seperti itu, makanan ini tidak mengandung babi sedikit pun. Penamaannya itu karena modelnya yang bulat menggulung seperi mie usus babi.

Untuk penyajiannya mie ini sendiri ditambahkan saus manis hitam untuk menambah cita rasanya.

  1. Kuliner Apam

Kuliner Apam

Kuliner apam adalah jenis kue tradisional khas Malaysia yang mempunyai rasa yang manis. Makanan Khas Malaysia yang satu ini biasa disebut Apom dan berasal dari daerah Terengganu.

Bagi yang penasaran dengan kue ini, Apom memiliki warna yang bervariasi dan teksturnya lembut di mulut. Dibuat dengan menggunakan adonan kue pada umumnya yakni tepung beras, campuran gula dan air, dan juga bahan lainnya.

Penyajian Apom biasanya ditambah dengan parutan kelapa di atasnya. Jangan lupa dicoba ya saat liburan ke Malaysia.

  1. Kuliner Mie Tarik

Kuliner Mie Tarik

Mendengar namanya anda pasti akan teringat dengan teh Tarik. Kuliner ini berasal dari Tionghoa. Pembuatan mie ini adalah dengan cara ditarik Tarik sehingga menghasilkan mie yang siap dihidangkan.

Penyajian mie ini biasanya dengan daging sapi ditambah dengan kuah yang lezat. Bagi pecinta mie, anda patut mencoba makanan khas Malaysia yang satu ini.

  1. Kuliner Nasi JJ Kak Wok

Kuliner Nasi JJ Kak Wok

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner khas yang berasal dari Kelantan. Lokasi rumah makannya terdapat di Jalan Opera J U2/J, taman TTDI Jaya. Walaupun untuk menuju tempat ini butuh sedikit pengorbanan karena tidak terdapat angkutan public, tapi begitu sampai usaha anda akan terbayar dengan kelezatan kulinernya.

Nasi JJ Kak Wok ini berada di deretan pertokoan yang sederhana. Walaupun begitu tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung tiap harinya. Dan uniknya menu yang dijual hanya satu tiap harinya yakni Nasi JJ Kak Wok.

Kuliner ini terbuat dari gulai ayam ditambah dengan ayam goreng yang telah dipotong kecil kecil. Citarasanya sangat lezat saat disantap dengan nasi panas dan ditambahkan dengan sambal.

  1. Kuliner Nasi Minyak

Kuliner Nasi Minyak

Kuliner ini merupakan salah satu favoritnya masyarakat Malaysia dan biasanya dihidangkan pada acara acara pernikahan.

Proses pengolahanyya sendiri, nasi ini dibuat dengan berbagai bumbu rempah rempat seperti biji buah pelanga, kayu manis, kuntum bunga lawang, dan juga bunga cengkeh. Inilah yang membuatnya punya aroma dan rasa yang lezat.

Nasi minyak ini biasanya dihidangkan dengan daging sapi dan gulai ayam. Selain itu juga ditambahkan acar mentimun dan wortel.

  1. Kuliner Asam Pedas

Kuliner Asam Pedas

Rasa Asam Pedas ini tidak jauh berbeda dengan kuliner asam pedas yang bisa kita jumpai di Sumatra Utara. Hanya yang membedakannya adalah ikan atau daging yang digunakan sebagai bahan utamanya.

Ikan yang digunakan pada asam pedas kuliner Malaysia ini adalah ikan keris, ikan tenggiri, dan ikan kembung. Yang membuat makanan ini sangat lezat karena kuah asam pedasnya yang berasal dari asam Jawa, tomat, dan juga kuah karinya. Membuat anda selalu ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

  1. Kuliner Chicken Rice

Kuliner Chicken Rice

Masih seputar kuliner yang bahan utamanya adalah ayam, makanan khas Malaysia yang satu ini adalah nasi berwarna kuning atau biasa dikenal dengan nama nasi ayam.

Untuk resepnya sendiri merupakan turun temurun dari ras Tionghoa. Mereka membuat nasinya dengan bumbu rempah rempah seperti bawang merah, putih, cengkeh, kayu manis, daun pandan, dan margarin. Hal inilah yang membuat nasi ini mempunyai warna yang kuning dengan aroma yang harum.

Penyajian nasi ayam ini biasanya dihidangkan bersama ayam roasted, ayam steem, atau ayam BBQ. Dan juga tak lupa ditambahkan dengan sambal yang terbuat dari cabe merah, tomat, halia, bawang putih, garam, gula, dan juga tambahan sedikit cuka.

  1. Kuliner Gulai Kawah

Kuliner Gulai Kawah

Mendengar nama kuliner ini jangan bayangkan bawah Gulai Kawah ini dibuat di atas kawah berapi ya. Tapi pembuatan gulai ini di sebuah kwali dengan ukuran yang sangat besar.

Yang membuat kuliner ini sangat lezat adalah daging sapi atau kambinya bercampur dengan kuah gulai santai yang dimasak dengan bumbu rempah rempah. Makanan ini akan membuat lidah anda bergoyang. Namun, jika anda punya kolesterol tinggi lebih baik menghindari makanan ini ya.

  1. Kuliner Ikan/Seafood di Portugis Grill

Kuliner Ikan:Seafood di Portugis Grill

Kuliner ini bisa anda temukan di gerai Portugis Grill yang biasanya berada di Sogo Bandaraya atau Foodcourt Mid Valley. Menu utamanya adalah ikan dan berbagai macam seafood lainnya. Menu favorit para pengunjung adalah Cumi, udang, ikan kembung, ikan pari, dan juga ikan dori.

Kuliner ini mempunyai kuah yang sangat lezat karena dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah rempah. Anda bisa menemukan aroma lengkuas, terasi, serai, asam jawa, daun jeruk, bawang merah, dan bawang putih dan menyatu dengan kuah kental dan terasa segar.

  1. Kuliner Nasi Biryani

Kuliner Nasi Biryani

Nasi Biryani sebenarnya bukan makanan khas Malaysia, tapi karena banyaknya imigran yang berasal dari India sehingga kita akan sering banyak menemukan kuliner ini di beberapa restaurant di Malaysia.

Proses pengolahan nasi biryani ini biasanya berasal dari beras basmati atau jenis beras panjang. Setelah itu berasnya dimasak di kuah kaldu ayam atau daging. Bumbunya sendiri adalah teh jintan, teh kapulaga, ketumbar, daun mint, yoghurt kental, buah tomat, bawang Bombay, dan bubuk garam masala.

Perpaduan bumbu dan rempah rempah tersebut membuat nasi biryani mempunyai cita rasa yang lezat.

  1. Kuliner Nasi Arab

Kuliner Nasi Arab

Walaupun sedang liburan di Malaysia, anda bisa mencoba mencicipi kuliner ini. Nasi Arab begitu popular di Malaysia karean banyak pendatang Arab di Negara ini. Nasi Arab tersebut biasa dikenal dengan sebutan nasi Mandy, nasi Kasbah, dan juga nasi maqlubah.

Seperti halnya nasi biryani, nasi Arab ini merupakan favorit kulinernya masyarakat Malaysia.

Anda bisa mencoba kuliner ini di restaurant Aroma Hijrah di TTDI Jaya Shah Alam Selangor atau Almaeda Arabian Cuisine yang terletak di Ayer 8 Putrajaya. Restaurant ini terkenal akan menu nasi Arabnya yang menggugah selera.

  1. Kuliner Mie Kari Udang

Kuliner Mie Kari Udang

Makanan khas Malaysia selanjutnya adalah Mie Kari Udang. Mie ini berasal dari Tiongkok yang dibawa oleh para saudagar China. Resepnya diracik secara turun temurun. Yang membuat lezat mie ini adalah sambal udangnya.

Penyajian mie Kari udang ini biasanya dengan udang, kerang, tahu, tauge, daging, telur, dan tidak lupa irisan sayuran dan dicampur dengan merata di dalam mienya. Rasanya? Bikin anda akan nambah terus.

  1. Kuliner Malaysia Roti John

Kuliner Malaysia Roti John

Roti John merupakan kuliner Malaysia yang banyak digemari. Roti ini terbuat dari roti tawar manis dengan bentuk panjang. Kemudia di dalamnya diisi dengan sayuran, saus, mayonise, daging sapi atau ayam.

Seiring dengan perkembangannya, beberapa outlet menambahkannya dengan keju sebagai toppingnya. Jadi rasanya pasti maknyus.

  1. Kuliner Duck Noodles

Kuliner Duck Noodles

Tidak jauh berbeda dengan hidangan mie pada umumnya, duck noodles adalah sajian kuliner yang menambah ragam santapan kuliner mie di Malaysia.

Duck Noodles dihidangkan dengan potongan mie kecil dan juga beberapa daging bebek. Daging bebek yang telah diberi bumbu rempah rempah membuat mie ini punya rasa yang lezat.

  1. Kuliner Satak dan Otak Otak Kuala Terengganu

Kuliner Satak dan Otak Otak Kuala Terengganu

Kuliner ini sepintas sama dengan otak otak di Indonesia. Tapi, jangan salah untuk rasa tetap ada perbedaannya. Jika anda berkunjung ke Terengganu yang merupakan pantai Timur semenanjung Malaysia, jangan lupa mencicipi kuliner ini.

Satak sendiri adalah kuliner yang dibuat campuran ikan tenggiri yang ditumbuk. Setelah itu dicampur dengan kelapa parut dan bumbu rempah rempah kemudian dibalut dalam daun pisang yang dibentuk menjadi segi tiga.

Setelah selesai dengan proses pembungkusannya, kemudian Satar ditusuk dengan sebatang lidi kemudian dibakar. Sementara proses pembuatan Otak Otak Terengganu dengan bahan dasar yang sama yakni dari ikan cuma dibuat memanjang dan dilumuri dengan bumbu rempah dan tambahan cabai. Ini membuat makanan ini berwarna orange kemerahan.

Proses selanjutnya setelah dilumuri dengan bumbu, otak otak ini dibalut dengan daun pisang dan ditusuk seperti halnya Satak. Setelah itu dibakar sampai matang. Saat proses pembakarannya pun aroma rempah rempahnya sudah terasa.

Bagaimana tertarik mencoba kuliner yang satu ini?

  1. Kuliner Wantan Mee

Kuliner Wantan Mee

Wantan Mee ini masih merupakan resep turun temurun warga Tionghoa. Rasanya yang lezat membuatnya sangat digemari oleh masyarakat Malaysia. Saat berkunjung ke Malaysia sempatkanlah mencicipi kuliner ini.

Mie ini akan disajikan dengan potongan daging ayam dan pangsit rebus. Ditambah lagi dengan kesegaran kuahnya membuat rasa Wantan Mee ini juara.

Itulah 35 List Makanan Khas Malaysia yang Patut anda cicipi ketika berkunjung ke Malaysia. Anda akan menemukan pengalaman wisata kuliner baru saat mengekspore kekayaan kuliner khas Malaysia ini. Selamat mencoba !!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Back to Top